Berita  

Ratusan Warga di Desa Kampung Perlabian Berebut Gunungan

Redaksi
Warga Desa Kampung Perlabian Labusel berebut gunungan.

LABUSEL, Demokrasisumut.com – Ratusan warga, baik anak-anak maupun orang tua di Desa Kampung Perlabian, Kecamatan Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, berebut gunungan.

Kegiatan yang digelar di halaman Masjid Jami Nurul Iman desa setempat pada Minggu (7/7/2024) sore ini merupakan tradisi dalam memeriahkan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah.

Adapun dua gunungan yang diperebutkan berisi sayur-sayuran berupa sawi, timun, kacang panjang, terong, jagung, nanas, dan sayuran lainnya yang merupakan hasil tanaman masyarakat setempat. Dalam seketika, gunungan ini pun ludes.

Sebelum diperebutkan, gunungan tersebut diarak keliling dusun menggunakan mobil pick up. Acara juga semakin semarak dan meriah dengan diadakannya lomba sepeda hias bagi anak-anak serta pawai bersama.

Menurut Lia, warga setempat, ia sangat bersyukur tradisi tersebut masih rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Ia pun berharap desa tempat tinggalnya semakin aman dan tentram.

“Alhamdulillah senang ya tradisi ini setiap tahunnya dilaksanakan, jadi tadi ikut berebut gunungan juga lumayan dapat sayuran. Ya tentu seru dan kami berharap ini terus dilaksanakanlah,” ucapnya.

PJ Kepala Desa Kampung Perlabian, Muhammad Zuhri, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur serta momentum untuk berbagi dan silaturahmi. Sementara sayuran yang diperebutkan merupakan hasil tanaman warga desanya.

“Kegiatan ini adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan masyarakat kehidupan yang layak dan hasil pertanian yang berhasil secara rata-rata. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan desa-desa terdekat untuk Kampung Perlabian. Kami berharap kedepannya acara ini akan lebih baik lagi dan lebih sukses lagi,” jelasnya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *