Berita  

Forum Pembauran Kebangsaan Dilantik, Ini Harapan Edimin

Redaksi
Bupati H Edimin saat memberikan sambutan pelantikan FPK.

LABUSEL, Demokrasisumut.com – Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel), H. Edimin, menghadiri pelantikan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kecamatan Kotapinang dan Desa se-Kecamatan Kotapinang yang diadakan di aula Santun Berkata Bijak Berkarya (SBBK), Jumat (21/6/2024).

Dalam sambutannya, Bupati H. Edimin menekankan pentingnya semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang terdapat pada lambang kebangsaan Republik Indonesia. Ia menjelaskan bahwa semboyan tersebut bukan sekadar hiasan, tetapi memiliki arti dan makna yang sangat kuat.

“Di tengah keberagaman dan multikulturalisme yang ada di masyarakat Indonesia umumnya dan Labusel khususnya, kita tetap dapat bersatu dan berpadu untuk menjadikan keberagaman sebagai pondasi awal dalam melaksanakan pembangunan,” ujarnya.

Bupati juga menyebutkan bahwa Kabupaten Labusel dianugerahi dengan keberagaman suku bangsa, seperti Jawa, Mandailing, Angkola, Toba, Simalungun, Melayu, Minang, Tionghoa, Aceh, Nias, Karo, dan lainnya. Menurutnya, jika keberagaman ini dapat dimanfaatkan sebagai modal pembangunan, visi untuk membangun Labuhanbatu Selatan yang sejahtera dan bermartabat dapat tercapai.

Bupati Edimin menekankan harapan besar yang disematkan pada anggota FPK Kecamatan Kotapinang dan Desa se-Kecamatan Kotapinang yang dilantik pada hari itu. Mereka diharapkan mampu menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembangunan kebangsaan, menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, menggali dan melestarikan nilai-nilai budaya serta kearifan lokal, serta menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan.

Ia menjelaskan bahwa terbentuknya FPK Kecamatan Kotapinang dan desa se-Kecamatan Kotapinang merupakan upaya Pemerintah Daerah, khususnya Pemkab Labusel, dalam membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban di masyarakat, terutama terhadap kemungkinan timbulnya ancaman gangguan keamanan akibat persoalan etnis dan suku bangsa.

Bupati berharap para anggota FPK yang dilantik dapat menjadi pelopor keberagaman, persatuan, dan kesatuan di wilayah masing-masing, serta menjaga agar Labuhanbatu Selatan tetap aman dan damai di tengah keberagaman.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati H. Ahmad Padli Tanjung, S.Ag, Forkopimda, Plh Sekda H. Fuadi, M.AP, para asisten dan staf ahli Bupati, pimpinan OPD, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, dan undangan lainnya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *